Rencana Pembelajaran
Matematika
Kelas 7- dan 8 Fullday
MTs. Negeri 9 Jember
Tahun Pelajaran 2019/2020
No
|
Tanggal
|
Materi
|
Lingkup
Materi
|
1
|
|
Bilangan
|
Operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya
|
2
|
|
Sifat-sifat Bilangan berpangkat
|
|
3
|
|
Bilangan rasional dan bilangan berbentuk akar
|
|
4
|
|
Bilangan desimal (basis 10)
|
|
5
|
|
Keterbagian, Teorema sisa, FPB, dan KPK
|
|
6
|
|
Evaluasi
pemb elajaran (pemberian THB)
|
|
7
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
|
8
|
|
Aljabar
|
Pengertian,
notasi, dan operasi Himpunan
|
9
|
|
Pengertian
dan grafik relasi dan fungsi
|
|
10
|
|
Operasi fungsi linear dan kuadrat beserta sifat-sifatnya.
|
|
11
|
|
Perbandingan senilai dan
berbalik nilai
|
|
12
|
|
Soal dan Pembahasan
perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
|
13
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
14
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
|
15
|
|
Operasi
aljabar (suku tunggal dan suku banyak)
|
|
16
|
|
Sifat-sifat
operasi aljabar
|
|
17
|
|
Penjumlahan
aljabar dan Pengurangan bentuk Aljabar
|
|
18
|
|
Pemfaktoran
bentuk Aljabar
|
|
19
|
|
Pemfaktoran
bentuk Aljabar
|
|
20
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
21
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
|
22
|
|
Aritmatika
Sosial
|
|
23
|
|
Soal
dan pembahasan Aritmatika sosial
|
|
24
|
|
Persamaan
linear satu dan dua peubah
|
|
25
|
|
Soal
latihan dan pembahasan Persamaan linear satu dan dua peubah
|
|
26
|
|
Pertidaksamaan
linear satu peubah
|
|
27
|
|
Soal
dan pembahasan Pertidaksamaan linear satu peubah
|
|
28
|
|
Persamaan
kuadrat satu peubah
|
|
29
|
|
Soal
dan pembahasan persamaan kuadrat satu peubah
|
|
30
|
|
Pertidaksamaan
linear dan kuadrat dua peubah
|
|
31
|
|
Soal
dan pembahasan Pertidaksamaan linear dan kuadrat dua peubah
|
|
32
|
|
Sistem
persamaan linear dua peubah
|
|
33
|
|
Soal Sistem
persamaan linear dua peubah
|
|
34
|
|
Definisi Pola barisan bilangan, dan contoh barisan bilangan
|
|
35
|
|
Definisi Barisan dan deret
|
|
36
|
|
Barisan dan deret aritmetika
|
|
37
|
|
Barisan dan deret geometri
|
|
38
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
39
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
|
40
|
|
Geometri
|
Kedudukan
dua garis
|
41
|
|
Latihan
Soal dan pembahasan Kedudukan dua garis
|
|
42
|
|
Sifat-sifat
garisdan latihan Soal Sifat-sifat
garis
|
|
43
|
|
Jarak
dua titik dan jarak titik ke garis dan pemberi soal latihan
|
|
44
|
|
Sifat-sifat
sudut dan pemberian latihan soal
|
|
45
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
46
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
|
47
|
|
Geometri
Sifat-sifat bangun datar dan pemberian latihan soal
|
|
48
|
|
Keliling
dan luas permukaan bangun Datar
|
|
49
|
|
Kesebangunan
dan kekongruenan dan latihan Soal
|
|
50
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
51
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
|
52
|
|
Teorema
Phythagoras
|
|
53
|
|
Soal
dan pembasahan Teorema Phythagoras
|
|
54
|
|
Pengertian
dasar Transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dilatasi)
|
|
55
|
|
Soal
dan pembasahan Transformasi Refleksi, Translasi
|
|
56
|
|
Soal
dan pembasahan Transformasi Rotasi, Dilatasi
|
|
57
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
58
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
|
59
|
|
Sifat-sifat Bangun ruang
|
|
60
|
|
Luas
permukaan, volume, dan jaring-jaring dari kubus, balok, tabung, prisma,
kerucut,
limas, dan bola
|
|
61
|
|
Latihan
Soal dan pembahasan tentang kubus dan balok
|
|
62
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
63
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
|
64
|
|
Statistika
dan peluang
|
Rata-rata,
median, modus data tunggal, dan penafsirannya
|
65
|
|
Latihan
Soal dan pembahasan rata-rata, median dan modus data tunggal
|
|
66
|
|
Latihan
Soal dan pembahasan rata-rata, median dan modus data kelompok
|
|
67
|
|
Penyajian
data dalam bentuk tabel, diagram, grafk, dan penafsirannya
|
|
68
|
|
Soal
dan pembasahan Penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, grafk, dan
penafsirannya
|
|
69
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
70
|
|
Percobaan
dan ruang sampel
|
|
71
|
|
Aturan
pencacahan (penjumlahan, perkalian) dan faktorial
|
|
72
|
|
Permutasi,
kombinasi
|
|
73
|
|
Soal
dan pembahasan Aturan pencacahan
(penjumlahan,
perkalian,
permutasi, kombinasi)
|
|
74
|
|
Peluang
suatu kejadian
|
|
75
|
|
Soal
dan pembasahan Peluang suatu kejadian
|
|
76
|
|
Evaluasi
pembelajaran ( pemberian THB )
|
|
77
|
|
Pembahasan Evaluasi pembelajaran (pembahasan THB)
|
Jember, July 2019
Tentor
Yudy Tri Utami, S.Pd, M.Pd
RANCANGAN
PEMBELAJARAN IPA-FISIKA KELAS VII
SEMESTER
1 DAN SEMESTER 2
MTs
NEGERI 9 JEMBER
v SEMESTER 1
No.
|
PERTEMUAN
|
MATERI YANG AKAN DIAJARKAN
|
1
|
Ke
- 1
|
Penjelasan tentang penyelidikan
IPA
|
2
|
Ke
- 2
|
Pengukuran sebagai bahan
pengamatan
|
3
|
Ke
– 3
|
Tugas rangkuman + Tugas kelompok
|
4
|
Ke
– 4
|
Tugas
Harian materi Objek IPA dan Pengamatannya
|
5
|
Ke
– 5
|
Cara mengklasifikasikan Materi
|
6
|
Ke
– 6
|
Cara memisahkan campuran
|
7
|
Ke
– 7
|
Penjelasan tentang benda-benda
yang dapat mengalami perubahan
|
8
|
Ke
– 8
|
Contoh soal Klasifikasi Materi
dan Perubahannya
|
9
|
Ke
– 9
|
Tugas rangkuman + Tugas kelompok
|
10
|
Ke
– 10
|
Tugas
Harian materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya
|
11
|
Ke
– 11
|
Penjelasan tentang cara
mengetahui suhu benda
|
12
|
Ke
– 12
|
Perubahan benda akibat suhu
|
13
|
Ke
– 13
|
Tugas rangkuman + Tugas kelompok
|
14
|
Ke
– 14
|
Tugas
Harian materi Suhu dan Perubahannya
|
15
|
Ke
- 15
|
Penjelasan tentang pengertian
Kalor
|
16
|
Ke
– 16
|
Perpindahan Kalor
|
17
|
Ke
– 17
|
Tugas rangkuman + Tugas kelompok
|
18
|
Ke
– 18
|
Tugas
Harian materi Kalor dan Perpindahannya
|
19
|
Ke
– 19
|
Konsep awal tentang Energi
|
20
|
Ke
– 20
|
Penjelasan tentang Sumber Energi
|
21
|
Ke
– 21
|
Tugas rangkuman + Tugas kelompok
|
22
|
Ke
– 22
|
Tugas
Harian materi Energi sebagai Sumber Kehidupan
|
23
|
Ke
– 23
|
PEMANTAPAN BAB 1, 2, 3, 4, DAN 5
|
24
|
Ke
– 24
|
Evaluasi
Akhir Bab Objek
IPA dan Pengamatannya
|
25
|
Ke
- 25
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
26
|
Ke
– 26
|
Evaluasi
Akhir Bab Klasifikasi Materi dan Perubahannya
|
27
|
Ke
– 27
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
28
|
Ke
– 28
|
Evaluasi
Akhir Bab Suhu dan Perubahannya
|
29
|
Ke
– 29
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
30
|
Ke
– 30
|
Evaluasi
Akhir Bab Kalor dan Perpindahannya
|
31
|
Ke
– 31
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
32
|
Ke
– 32
|
Evaluasi
Akhir Bab Energi sebagai Sumber Kehidupan
|
33
|
Ke
- 33
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
AKHIR
|
PENGUMPULAN
NILAI
|
v SEMESTER 2
No.
|
PERTEMUAN
|
MATERI YANG AKAN DIAJARKAN
|
1
|
Ke
– 1
|
Penjelasan tentang definisi
Pencemaran
|
2
|
Ke
– 2
|
Penjelasan tentang Pencemaran
Air, Udara, dan Tanah
|
3
|
Ke
– 3
|
Tugas Rangkuman + Tugas Kelompok
|
4
|
Ke
– 4
|
Tugas
Harian materi Pencemaran Lingkungan
|
5
|
Ke
– 5
|
Pengertian tentang Efek Rumah
Kaca
|
6
|
Ke
– 6
|
Penyebab, dampak, dan usaha
menanggulangi Pemanasan Global
|
7
|
Ke
– 7
|
Tugas Rangkuman + Tugas Kelompok
|
8
|
Ke
– 8
|
Tugas
Harian materi Pemanasan Global
|
9
|
Ke
– 9
|
Penjelasan awal tentang lapisan
bumi dengan bagian lapisan atmosfer
|
10
|
Ke
– 10
|
Penjelasan tentang lapisan
Litosfer
|
11
|
Ke
– 11
|
Penjelasan tentang lapisan
Hidrosfer
|
12
|
Ke
– 12
|
Tugas Rangkuman + Tugas Kelompok
|
13
|
Ke
– 13
|
Latihan soal Lapisan Bumi
|
14
|
Ke
– 14
|
Tugas
Harian materi Lapisan Bumi
|
15
|
Ke
– 15
|
Pengertian tentang Sistem Tata
Surya
|
16
|
Ke
– 16
|
Penjelasan tentang Penyusun
sistem tata surya (Matahari, Planet, Komet, Meteroid, Asteroid)
|
17
|
Ke
– 17
|
Penjelasan Spesifik tentang
Kondisi Bumi
|
18
|
Ke
– 18
|
Penjelasan tentang Kondisi Bulan
dan terjadinya Gerhana
|
19
|
Ke
– 19
|
Tugas Rangkuman + Tugas Kelompok
|
20
|
Ke
– 20
|
Tugas
Harian materi Tata Surya
|
21
|
Ke
– 21
|
PEMANTAPAN BAB 1, 2, 3, DAN 4
|
22
|
Ke
– 22
|
Evaluasi
Akhir Bab Pencemaran
Lingkungan
|
23
|
Ke
– 23
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
24
|
Ke
– 24
|
Evaluasi
Akhir Bab Pemanasan Global
|
25
|
Ke
– 25
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
26
|
Ke
– 26
|
Evaluasi
Akhir Bab Lapisan Bumi
|
27
|
Ke
– 27
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
28
|
Ke
– 28
|
Evaluasi
Akhir Bab Sistem Tata Surya
|
29
|
Ke
– 29
|
Pembahasan + Pemantapan Materi
|
AKHIR
|
PENGUMPULAN
NILAI
|
Jember, Juli 2019
Pembimbing,
Imroatus Sholihah, S.Pd
Rencana Pembelajaran Fullday IPA-Fisika 8
MTs Negeri 9 Jember
2019/2020
Kompetensi
|
Materi
|
Pertemuan Ke-
|
Lingkup materi
|
Menganalisis gerak benda dan pengaruh gaya terhadap
gerak benda berdasarkan hukum gerak
|
Kinematika Gerak
|
1
|
Besaran –besaran dalam gerak
|
2
|
GLB
|
||
3
|
GLBB
|
||
4
|
Penerapan GLBB
|
||
5
|
Gerak parabola
|
||
6
|
Gerak melingkar
|
||
7
|
GMBB
|
||
8
|
Evaluasi
|
||
9
|
Hukum Newton
|
||
10
|
Gaya
|
||
11
|
Penerapan gaya pada pesawat sederhana
|
||
12
|
Penerapan gaya pada sistem katrol, bidang miring
|
||
13
|
evaluasi
|
||
Menerapkan konsep dan prinsip mekanika pada zat cair
|
Fluida
|
14
|
-
Massa Jenis
-
Tekanan
-
Tekanan hidrostatis
|
15
|
Hukum Pascal
|
||
16
|
Hukum bejana berhubungan
|
||
17
|
evaluasi
|
||
18
|
Hukum Archimedes
|
||
19
|
-
Persamaan kontinuitas
-
Kebocoran pada tangki
|
||
20
|
Tekanan pada zat gas
|
||
21
|
-
Evaluasi
|
||
Menganalisi konsep dan prinsip getaran, gelombang dan bunyi
dalam eknologi dan kehidupan sehari-hari
|
Getaran, gelombang dan Bunyi
|
22
|
-
Getaran
|
23
|
-
Macam-macam gelombang
-
Besaran – besaran dalam
gelombang
|
||
24
|
-
Bunyi
|
||
25
|
-
Resonansi bunyi
|
||
26
|
-
Penerapan bunyi pada dawai
|
||
27
|
-
Evaluasi
|
||
Menganalisis prinsip dan konsep cahaya dan optika pada
alat optik
|
Cahaya dan alat optik
|
28
|
-
Cahaya dan optika geometri
|
29
|
-
Cermin dan lensa
|
||
30
|
-
evaluasi
|
||
31
|
-
Alat optik
|
||
32
|
-
Alat optik
|
||
33
|
-
Evaluasi
|
||
Menganalisis konsep muatan dan listrik dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik
|
34
|
-
Listrik statis
|
35
|
-
Listrik Statis
|
||
36
|
-
evaluasi
|
||
37
|
-
Listrik dinamis
|
||
37
|
-
Rangkaian hambatan
|
||
38
|
-
Hukum kirchoff
|
||
39
|
-
Hukum kirchoff
|
||
40
|
-
evaluasi
|
||
41
|
-
Energi listrik dan daya listrik
|
||
42
|
-
evaluasi
|
||
Menganalisis terjadinya kemagnetan dan penerapannya
dalam kehidupan sehari hari
|
kemagnetan
|
43
|
-
magnet
|
44
|
-
induksi elektromagnetik
|
||
45
|
-
transformator
|
||
46
|
-
evaluasi
|
||
Menganalisis konsep pegas dan penerapannya dalam
kehidupan
|
Elastisitas dan Hukum Hooke
|
47
|
-
modulus elastisitas
|
48
|
-
hukum hooke
|
||
49
|
-
rangkaian pegas
|
||
50
|
-
evaluasi
|
||
Menganalisi konsep vektor
|
vektor
|
51
|
-
vektor
|
52
|
-
vektor
|
||
53
|
-
vektor
|
||
54
|
-
evaluasi
|
Jember, Juli 2019
Pembimbing,
Yunita, S.Pd
RANCANGAN MATERI FULLDAY IPA-BIOLOGI KELAS VIII
MTs NEGERI 9 JEMBER
2019/2020
No
|
Pertemuan ke
|
Materi Ajar
|
Lingkup Materi
|
1
|
Pertemuan ke
|
Sistem-sistem pada makhluk hidup
|
Penjelasan sistem gerak pada manusia
|
2
|
Pertemuan ke
|
Kelainan sistem gerak manusia dan latihan soal
|
|
3
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan latihan soal
|
|
4
|
Pertemuan ke
|
Penjelasan sistem pencernaan manusia
|
|
5
|
Pertemuan ke
|
Proses pencernaan pada manusia dan latihan soal
|
|
6
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan latihan soal sistem pencernaan pada manusia
|
|
7
|
Pertemuan ke
|
Penjelasan sistem pernapasan manusia
|
|
8
|
Pertemuan ke
|
Mekanisme pernapasan dan latihan soal sistem pernapasan
manusia
|
|
9
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan soal sistem pernapasan manusia
|
|
10
|
Pertemuan ke
|
Penjelasan sistem peredaran darah manusia (darah)
|
|
11
|
Pertemuan ke
|
Sistem peredaran darah manusia (jantung dan pembuluh
darah)
|
|
12
|
Pertemuan ke
|
Latihan soal sistem peredaran darah manusia
|
|
13
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan soal sistem peredaran darah manusia
|
|
14
|
Pertemuan ke
|
Penjelasan sistem saraf dan indera manusia (sistem saraf)
|
|
15
|
Pertemuan ke
|
Penjelasan sistem indera manusi, gangguan pada sistem
saraf dan indera manusia
|
|
16
|
Pertemuan ke
|
Latihan soal sistem indera manusia dan pembahasan
|
|
17
|
Pertemuan ke
|
Penjelasan sistem ekskresi manusia
|
|
18
|
Pertemuan ke
|
Latihan soal sistem ekskresi manusia
|
|
19
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan latihan soal sistem ekskresi manusia
|
|
20
|
Pertemuan ke
|
Penjelasan sistem imun mengenai komponen sistem imun
|
|
21
|
Pertemuan ke
|
Penjelasan mengenai imunisasi dan kelainan sistem imun
|
PROGRAM PEMBELAJARAN FULLDAY
SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2
BACA TULIS KITAB ( BTK )
2019 – 2020
NO.
|
PERTEMUAN
|
MATERI (NAHWU/SHOROF)
|
WAKTU
|
KET.
|
1.
|
|
PEMBAGIAN I’ROB
|
|
|
2.
|
|
Ø
I’rob Rofa’
|
80 Menit
|
|
3.
|
|
Ø
I’rob Nasob
|
80 Menit
|
|
4.
|
|
Ø
I’rob Jar
|
80 Menit
|
|
5.
|
|
Ø
I’rob Jazm
|
80 Menit
|
|
6.
|
|
Tanda-tanda i’rob
rofa’
|
80 Menit
|
|
7.
|
|
Tanda-tanda i’rob
nasob
|
80 Menit
|
|
8.
|
|
Tanda-tanda i’rob
jar
|
80 Menit
|
|
9.
|
|
Tanda-tanda i’rob
jazm
|
80 Menit
|
|
10.
|
|
PEMBAGIAN KALIMAT
|
|
|
11.
|
|
Ø Kalimat isim
|
80 Menit
|
|
12.
|
|
Ø Kalimat fi’il
|
80 Menit
|
|
13.
|
|
Ø Kalimat huruf
|
80 Menit
|
|
14.
|
|
PEMBAGIAN KALIMAT ISIM BERDASARKAN JENIS
KELAMINNYA
|
|
|
15.
|
|
Ø Isim mudzakar
Ø Isim muannats
|
80 Menit
80 Menit
|
|
16.
|
|
PEMBAGIAN KALIMAT ISIM BERDASARKAN JUMLAH
BILANGANNYA
|
|
|
17.
|
|
Ø Isim mufrod
Ø Isim mutsanna
Ø Isim Jama’
|
80 Menit
80 Menit
80 Menit
|
|
18.
|
|
PEMBAGIAN KALIMAT ISIM BERDASARKAN
KEADAANNYA
|
|
|
19.
|
|
Ø Isim dhomir Munfasil
|
80 Menit
|
|
20.
|
|
Ø Isim dhomir Muttasil
|
80 Menit
|
|
21.
|
|
Ø Isim Isyaroh
|
80 Menit
|
|
22.
|
|
PEMBAGIAN KALIMAT FI’IL
|
|
|
23.
|
|
Ø Fi’il madli
|
80 Menit
|
|
24.
|
|
Ø Fi’il mudhori
|
80 Menit
|
|
25.
|
|
Ø Fi’il Amar
|
80 Menit
|
|
26.
|
|
KATA YANG BERADA DI AWAL FI’IL MUDLARI’
|
|
|
27.
|
|
Ø Laa An-nafiyah
|
80 Menit
|
|
28.
|
|
Ø Laa An-nahiyah
|
80 Menit
|
|
29.
|
|
Ø An + Lan + Li ( amil nashab
|
80 Menit
|
|
30.
|
|
Ø Lam (amil jazm)
|
80 Menit
|
|
31.
|
|
Tashrif lughawi
|
80 Menit
|
|
32.
|
|
Tashrif Istilahi
|
80 Menit
|
|
33.
|
|
Fiil amar
|
80 Menit
|
|
34.
|
|
Adawatul jar
|
80 Menit
|
|
35.
|
|
Mbtada khobar
|
80 Menit
|
|
36.
|
|
Khobar muqoddam mubtada’muakhor
|
80 Menit
|
|
37.
|
|
Na’at (kata sifat) manut (kata yang di
sifati)
|
80 Menit
|
|
38.
|
|
Isim Fa’il
|
80 Menit
|
|
39.
|
|
Isim Maf’ul
|
80 Menit
|
|
40.
|
|
Atof
|
80 Menit
|
|
41.
|
|
Taukid
|
80 Menit
|
|
42.
|
|
Maf’ul bih
|
80 Menit
|
|
43.
|
|
Isim mausul
|
80 Menit
|
|
44.
|
|
Isim tafdhil
|
80 Menit
|
|
45.
|
|
Perkenalan
|
80 Menit
|
|
46.
|
|
Kata tanya
|
80 Menit
|
|
47.
|
|
Warna-warna
|
80 Menit
|
|
48.
|
|
Kata sifat-keadaan-ukuran
|
80 Menit
|
|
49.
|
|
Bilangan
|
80 Menit
|
|
50.
|
|
Jam
|
80 Menit
|
|
51.
|
|
Dhorof zaman dan dhorof makan
|
80 Menit
|
|
|
|
|
|
|
NO.
|
SEMESTER
|
PRAKTEK MEMBACA KITAB
|
WAKTU
|
KET.
|
1
|
GANJIL
|
Mabadi Fiqih Juz 1
|
80 Menit
|
Kls 7
|
2
|
GENAP
|
Mabadi Fiqih Juz 2
|
80 Menit
|
Kls 7
|
3
|
|
Fathul Qorib/Taqrib
|
80 Menit
|
Kls 8
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
Guru Pembimbing
AZIZ ANWAR, S.Pd.I
RANCANGAN MATERI FULLDAY IPA-BIOLOGI KELAS VII
MTs Negeri 9 Jember
2019/2020
No
|
Pertemuan ke
|
Materi
|
Lingkup Materi
|
1
|
Pertemuan
ke
|
Makhluk
hidup dan lingkungannya
|
Asal
usul mahluk hidup
|
2
|
Pertemuan ke
|
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
|
3
|
Pertemuan ke
|
Perbedaan
makhluk hidup dan benda mati
|
|
4
|
Pertemuan ke
|
Pengukuran
faktor abiotik dan biotik
|
|
5
|
Pertemuan ke
|
Keanekaragaman
dan pengelompokkan makhluk hidup
|
Dasar-dasar
klasifikasi dan lima dunia makhluk hidup
|
6
|
Pertemuan ke
|
Penyebab
terjadinya keanekaragaman makhluk hidup
|
|
7
|
Pertemuan ke
|
Keanekeragaman
tingkat gen, spesies dan ekosistem
|
|
8
|
Pertemuan ke
|
Usaha-usaha
dan pentingnya pelestarian
|
|
9
|
Pertemuan ke
|
Latihan
soal dan pembahasan
|
|
10
|
Pertemuan ke
|
Evolusi
|
|
11
|
Pertemuan ke
|
Evolusi
|
|
12
|
Pertemuan ke
|
Latihan
soal evolusi
|
|
13
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan
latihan soal evolusi
|
|
14
|
Pertemuan ke
|
Organisasi
kehidupan
|
Struktur
sel
|
15
|
Pertemuan ke
|
Fungsi
sel
|
|
16
|
Pertemuan ke
|
Latihan
soal struktur dan fungsi sel
|
|
17
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan
latihan soal
|
|
18
|
Pertemuan ke
|
Perbedaan
sel tumbuhan, sel hewan (eukariota)
|
|
19
|
Pertemuan ke
|
Sel
bakteri
|
|
20
|
Pertemuan ke
|
Latihan
soal
|
|
21
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan
latihan soal
|
|
22
|
Pertemuan ke
|
Konsep
tingkatan organisasi kehidupan
|
|
23
|
Pertemuan ke
|
Latihan
soal
|
|
24
|
Pertemuan ke
|
Pembahasan
latihan soal
|
|
25
|
Pertemuan ke
|
Ulasan
persamaan sel tumbuhan, sel hewan dan bakteri
|
|
26
|
Pertemuan ke
|
Ekologi
|
Konsep
spesies, populasi, komunitas
|
RENCANA
PEMBELAJARAN FULLDAY MATEMATIKA KELAS 8
MTs.
NEGERI 9 JEMBER
2019/2020
No
|
Pertemuan
ke
|
Materi
|
Lingkup
Materi
|
1
|
|
Bilangan
|
Bilangan
bulat dan bilangan berpangkat
|
2
|
|
Latihan
Soal-soal bilangan bulat dan berpangkat
|
|
3
|
|
Bilangan
rasional dan irrasional
|
|
4
|
|
Latihan
Soal Bilangan rasional dan irrasional
|
|
5
|
|
Pola
barisan bilangan
|
|
6
|
|
Latihan
soal Pola barisan bilangan
|
|
7
|
|
Barisan
dan Deret aritmatika
|
|
8
|
|
Latihan
soal Barisan dan Deret aritmatika
|
|
9
|
|
Barisan
dan deret geometri
|
|
10
|
|
Latihan
soal Barisan dan deret geometri
|
|
11
|
|
Ulangan
harian
|
|
12
|
|
Aljabar
|
Sifat-sifat
operasi aljabar, penjumlahan, pengurangan, pemfaktoran aljabar
|
13
|
|
Relasi
dan Fungsi (pengertian)
|
|
14
|
|
Soal
dan Pembahasan Soal Fungsi
|
|
15
|
|
Ulangan
Fungsi
|
|
16
|
|
Perbandingan
senilai dan berbalik nilai
|
|
17
|
|
Soal
dan pembahasan perbandingan senilai
|
|
18
|
|
Soal
dan Pembahasan perbandingan berbalik nilai
|
|
19
|
|
Aritmatika
Sosial
|
|
20
|
|
Soal
dan pembahasan Aritmatika sosial
|
|
21
|
|
Persamaan
linear satu dan dua
Peubah
|
|
22
|
|
Soal Persamaan
linear satu dan dua
Peubah
|
|
23
|
|
Pertidaksamaan
linear satu peubah
|
|
24
|
|
Soal
dan pembahasan Pertidaksamaan linear satu peubah
|
|
25
|
|
Persamaan
kuadrat satu peubah
|
|
26
|
|
Soal
dan pembahasan persamaan kuadrat satu peubah
|
|
27
|
|
Pertidaksamaan
linear dan kuadrat
dua
peubah
|
|
28
|
|
Soal
dan pembahasan Pertidaksamaan linear dan kuadrat
dua
peubah
|
|
29
|
|
Sistem
persamaan linear dua peubah
|
|
30
|
|
Soal Sistem
persamaan linear dua peubah
|
|
31
|
|
|
Ulangan
Harian
|
32
|
|
Geometri
|
Kedudukan
dua garis
|
33
|
|
Soal
dan pembahasan Kedudukan dua garis
|
|
34
|
|
Sifat-sifat
garis
|
|
35
|
|
Soal Sifat-sifat
garis
|
|
36
|
|
Jarak
dua titik dan jarak titik ke garis
|
|
37
|
|
Soal
dan pembahasan Jarak dua titik dan jarak titik ke garis
|
|
38
|
|
Sifat-sifat
sudut
|
|
39
|
|
Soal Sifat-sifat sudut
|
|
40
|
|
Geometri
Sifat-sifat bangun datar
|
|
41
|
|
Soal
dan pembahasan Sifat-sifat bangun
datar
|
|
42
|
|
Keliling
dan luas permukaan bangun
Datar
|
|
43
|
|
Soal
dan pembahasan Keliling dan luas
permukaan bangun
Datar
|
|
44
|
|
Soal
dan pembahasan Keliling dan luas
permukaan bangun
Datar
|
|
45
|
|
Kesebangunan
dan kekongruenan
|
|
46
|
|
Soal
dan pembahasan Kesebangunan dan
kekongruenan
|
|
47
|
|
Teorema
Phythagoras
|
|
48
|
|
Soal
dan pembasahan Teorema Phythagoras
|
|
49
|
|
Soal
dan pembasahan Teorema Phythagoras
|
|
50
|
|
Transformasi
(refleksi, translasi, rotasi,
dilatasi)
|
|
51
|
|
Soal
dan pembasahan Transformasi Refleksi
|
|
52
|
|
Soal
dan pembasahan Transformasi Translasi
|
|
53
|
|
Soal
dan pembasahan Transformasi Rotasi
|
|
54
|
|
Soal
dan pembasahan Transformasi Dilatasi
|
|
55
|
|
Bangun
ruang
|
|
56
|
|
Soal
dan pembasahan Bangun ruang
|
|
57
|
|
Luas
permukaan, volume, dan jaringjaring dari kubus, balok, tabung, prisma,
kerucut,
limas, dan bola
|
|
58
|
|
Soal
dan pembahasan tentang kubus dan balok
|
No comments:
Post a Comment